Malam Nisfu Sya'ban, Malam Penuh Kegembiraan

Hari ini tanggal 24 Februari 2024 tepatnya malam 15 Sya'ban 1445 H. Diantara tradisi yang sering dilakukan pada Malam Nisfu Sya'ban adalah membaca Yasin bersama 3 kali. Bacaan Yasin Pertama bertujuan meminta panjang usia dalam ketaqwaan kepada Allah, Yasin Kedua minta ditetapkan Iman dan Islam, Yasin Ketiga minta rizqi halal dan barokah untuk bekal ibadah, sekaligus minta perlindungan dari mara bahaya.

malam nisfu syaban

Malam ini saya berkumpul bersama sudara dan tetangga di Majlis As-Saef. Alhamdulillah mayoritas warga bisa hadir ditengah kesibukan mereka. Walaupun tentunya sebagian ada yang punya bayi, masih di jalan, diluar kota dll.

Malam Nisfu Sya'ban Malam Kegembiraan

Di ke-RTan saya lokasi berkumpul terbagi 3, walaupun demikian tentunya semua Majlis / Masjid penuh dengan jamaah. Bagi saya ini sangat menggembirakan, karena susah mengumpulkan tetangga dari mulai Orang Tua dan Anak-anak seperti ini. Ini momentum yang langka. Walaupun tentunya pada peringatan-peringatan lain sering berkumpul, sangat jarang sampai bayi bisa ikut kumpul bersama.

malam nisfu syaban
Mohon abaikan perbedaan tradisi. Disini tidak ada perdebatan tentang kebiasaan, karena masing-masing punya dalil untuk melaksanakan Amaliyah mereka. Terimakasih.

Susunan Acara

Acara dimulai dengan sambutan-sambutan dan sedikit tausiah, lanjut dengan pembacaan hadiah untuk Ahli Kubur. Kemudian dilanjutkan dengan 3x bacaan Surat Yasin bersama dan ditutup dengan do'a.

Selepas do'a lanjut berjama'ah Isya kemudian Musofahah. Bagi jama'ah Bapak-bapak dilanjut dengan ngopi bareng...

Lanjut Dekor

Karena Harin Senin nya akan ada peringatan Isra Mi'raj bagi kaum Ibu, kita lanjut dengan dekor lokasi... tetep masih ngopi

malam nisfu syaban

Ya itulah sekelumit cerita Malam ini.. Malam Nisfu Syaban 1445 H.

Artikel ini telah dibaca sebanyak kali

8 Komentar

  1. Disini kalo malam nisfu syaban juga rame di masjid kang. Membaca Yasin dilanjutkan doa doa, biasanya ada riungan juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mas... semoga usia kita sampai ke Ramadahan..

      Hapus
  2. Di tempat saya juga ada acara seperti itu
    Tapi tak ada dekorasi
    Ngaji dan sesudah makan bersama

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya juga ga ada sih mas, cuma kebetulan besoknya mau peringatan Isra Mi'raj aja

      Hapus
  3. Di masjid dekat rumahku juga diadakan acara nifsu syaban kang. Banyak warga yang mengikuti acara tersebut. Acara majelis seperti ini memang jadi kegiatan yang bagus untuk mengumpulkan warga dan akhirnya silaturahmi tetap terjaga dengan baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, semoga kita dipertemukan dengan bulan Ramadha.. AMien

      Hapus
  4. Wahhh disebelah rumah saya kemarin juga seperti itu, banyak sekali warga yang datang dari berbagai RT. Saya jadi banyak kenalan baru dari perumahan sebelah, dengan moment seperti inilah silaturahmi antar tetangga juga bisa saling terpelihara dengan baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. moment yang jarang terjadi ya mas.. seru kayaknya kalau beberapa RT yang kumpul, di saya di mushola-mushola kecil pun mengadakan, jadi ga terlalu banyak yang kumpul

      Hapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak