Pengalaman Mengikuti Lomba Desain Logo Kahitna

Januari 2009, entah tanggal berapa tepatnya, saya mendapatkan info adanya Lomba Desain Logo Kahitna. Saat itu Kahitna hendak launching album Lebih dari Sekedar Cantik. Tau dong Band KAHITNA?

Kahitna digawangi oleh Yovie Widianto (pianis, kibordis & synthesizer), Hedi Yunus (vokalis), Carlo Saba (vokalis), Mario Ginanjar (vokalis), Dody Isnaini (bassist), Harry Suhardiman (perkusi), Bambang Purwono (kibordis & synthesizer), Budiana Nugraha (drummer) dan Andrie Bayuaji (gitaris).

Konsep Logo

Logo kahitna

Singkat cerita saya pun mulai membuat desain logo, dengan software kesayangan saya Corel Draw. Desain yang dinginkan Kahitna saat itu adalah Retro Modern. Setelah berkutat dengan Corel Draw, akhirnya jadilah logo seperti disamping.

Konsep logo tersebut saya ambil dari kata Kahitna. Kalau dipecah menjadi KA-HIT-NA. Kalau dalam Bahasa Sunda artinya Ka (ke) Hit (hits) Na (nya). Jadi kalau bikin lagu harus sampai hits-nya. kurang lebih begitu konsepnya.

Malam Rabu 27 Januari, saya submit desain saya berikut konsep logo tersebut

Pengumuman Finalis

Rabu 29 Februari 2009, adalah waktu pengumuman finalis. Saya tidak terlalu menunggu waktu itu. Karena saya tidak optimis menang. Saat itu pengumuman sampai kepada desainer-desainer kondang, dan mereka pun ikut berpartisipasi.

Sepulang dari tempat kerja pukul 13.15 WIB, saya mendapatkan telpon dari Jakarta katanya....

Yups... dari Managemen Kahitna yang menyatakan saya sebagai FInalis Lomba Desain Logo Kahitna.. blarr jantung berdetak kencang. Sebagian cerita ini saya tulis DISINI.

Walaupun ada secercah harapan, tapi saingan saya lumayan berat, Mas Handri Sidharta,desainer nya Project POP.

Pengumuman Pemenang

Entah tanggal dan bulan berapa, saya lupa. Karena sebagian dokumentasi hilang. Karena waktu itu HDD di PC saya jebol. Ketika pengumuman pemenang..... Alhamdulillah Saya Terpilih jadi Juara 1 Lomba Desain Logo Kahitna. Pada waktu yang ditentukan, berangkatlah saya ditemani kakak ipar menuju lokasi Tanda Tangan Kontrak, di Hard Rock Cafe Jakarta.

Logo kahitna Foto bareng Mas Yovie Widianto

Logo kahitna Kaka ipar, Hedie Yunus, saya

kahitna CD Album Lebih dari Sekedar Cantik

Semoga hal ini menjadi motivasi buat semua, karena pada waktu itu saingan saya ada Dosen, Desainer Professional, Mahasiswa DKV dan lain-lain... sedangkan basic pendidikan saya hanya Fakultas Tarbiyah Jurusan PAI . Ga nyambung kan?....

Nanti ceritanya saya lanjut di Pengalaman saya di Dunia Desain Grafis.

Artikel ini telah dibaca sebanyak kali

23 Komentar

  1. Wuiih...keren banget bisa menangin lomba desain logo...siapa yang gak tau Kahitna...sampe sekarang pun masih terus eksis...selamat ya... rezeki emang gak salah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mbak.. makasih ya.. bener kata pepatah: dimana ada lemauan di situ ada jalan

      Hapus
  2. Bagus dan keren logonya pak, memang pantas jadi juara satu. Alhamdulillah biarpun tidak terlalu berekspektasi tapi ternyata malah jadi juara satu ya. Pasti senang luar biasa.

    Aku pernah ikut lomba menulis tapi hanya juara dua, itu juga senang apalagi kalo juara pertama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah seneng banget kang.. apalagi untuk band sekelas kahitna

      Hapus
  3. sainganya berat-berat tapi bisa juara satu, memang top mas logonya, sangat menginspirasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah anginnya lagi berpihak ke saya :)

      Hapus
  4. ini band idola saya
    wah hebat, logonya mantap sekali
    dan saya baru tahu jika itu konsepnya dari si abang
    saya baru photoshop, belum mahir corel hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah keren dong photoshop, saya juga maed 2 itu CDR sama PS, tapi PS masih banyak lupa2

      Hapus
  5. Kereeen... Kang Ismet memang panutan. Logonya simpel penuh makna. Tahun segitu, saya baru lulus SMA. Hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ma.. berarti usia kita beda 1 atau 2 tahun :D :D :D :D

      Hapus
  6. Keren kang, apalagi lawan-lawannya bukan kaleng-kaleng ya. Betulan keren logonya simpel tapi bisa menarik perhatian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak.. kebetulan ide-nya lagi cemerlang aja kali.... ga butek :)

      Hapus
  7. Wuih Keren pisan Kang...

    Selamat Kang... Luar biasa pisan prestasinya walau latar belakang pendidikannya gak nyambung, seperti yang Akang bilang. Tapi kemampuan mengembangkan diri ternyata lebih berperan besar dalam perjalanan hidup ya Kang.

    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hatur nuhun pa.... nah bener gitu,.. bahkan ralitanya banyak yang ga nyambung sama latar belakang pendidikan

      Hapus
  8. Keren banget kang desainnya.
    Mudah dibaca dan dipahami. Bagi orang awam, logo seperti ini bakal langsung terbaca.
    Penggunaan font juga sederhana dengan bentuk rounded-nya.
    aku suka lihat logonya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mas Vay.. font standar bahamas kalau ga salah... kayaknya udah minum kopi, jadi idenya aga terang :)

      Hapus
  9. Maaf kang menyimpang dari artikel, kalau boleh tanya, gimana caranya membuat tulisan Artikel ini telah dibaca XXX kali, hatur nuhun

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah saya buat di Blog Tutorial saya https://www.kang-ismet.com/2023/05/realtime-view-counter-dengan-firebase.html

      Hapus
  10. Wah luar biasa sekali kang Ismet nih... ternyata itu logo buatan kang Ismet ya...
    Mantap...
    Dulu saya sempet ngefans sm Kahitna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah mas.... btw kalau sempet, sekarang ngga dong :D

      Hapus
  11. untuk tahun segitu dengan style seperti itu cakep bgt soh kang, bahkan trend trend itu masih eksis sampai sekarang. dan aku salah satu yg suka dengan karya kang ismet satu ini. cakep logonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih terkadang trend desain itu berulang... btw mksh mas amir

      Hapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak